Friday, December 4, 2020

Pengunjung Perpustakaan di Lotim Naik Drastis

H. Marwan

SELONG
-- Seiring dengan membaiknya situasi pandemi virus Corona, kunjungan pelajar dan mahasiswa ke Perpustakaan Daerah melonjak drastis. Berbeda saat awal-awal pandemi, kunjungan ke perpustakaan sangat sepi.

Kepala Dinas Perpustakaan Lombok Timur, H Marwan menyatakan, pengunjung perpustakaan melonjak naik. Lonjakan ini terutama terjadi sebagai buntut dibukanya kembali sekolah oleh pemerintah daerah setempat. 

Yang terbanyak saat ini pengunjung dari kalangan mahasiswa.

"Jumlah pengunjung meningkat mulai kemarin setelah adanya lampu kuning, yang terbanyak dari kalangan mahasiswa," ucapnya, Jum'at (4/12).

Beruntung, jumlah persediaan buku di perpustakaan masih memadai sesuai dengan referensi yang dibutuhkan pelajar. Sementara mahasiswa disebutnya memiliki kebutuhan terbanyak buku referensi.

Selain di dinas, H Marwan juga mengembangkan inovasi minat baca di tingkat desa. Ia mengaku, sebanyak 80 persen desa yang penduduknya aktif sebagai pembaca. 

Angka itu disebutkan berdasarkan data hasil penelitian lapangan secara langsung. Di balik itu, H Marwan sangat menyayangkan 20 persen dari 254 desa masih memiliki kesadaran rendah.

Padahal, sambungnya, pemerintah pusat telah memberikan anggaran sebanyak 5 persen dari total jumlah anggaran desa yang diberikan. Namun, beberapa desa tersebut belum mengarah ke Pusdes.

Ia berharap, ke depan pemerintah desa melaksanakan undang-undang bahwa sebagian anggaran desa dapat membangun perpustakaan desa. Selain itu, inovasi Pemdes untuk menarik minat baca masyarakat harus ditingkatkan. (hs)

0 comments:

Post a Comment

Contact

Talk to us

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipisicing elit. Dolores iusto fugit esse soluta quae debitis quibusdam harum voluptatem, maxime, aliquam sequi. Tempora ipsum magni unde velit corporis fuga, necessitatibus blanditiis.

Address:

9983 City name, Street name, 232 Apartment C

Work Time:

Monday - Friday from 9am to 5pm

Phone:

595 12 34 567